Senin, 21 April 2008

perjalanan bermusik yang terhempas....


Hi all, Cuma mau berbagi pengalaman pribadi aja, mengenai perjalanan bermusik gw yang terhempas ditengah jalan….….ihihiiiikkk…kasian ya….

Gw mulai suka bermain musik sejak SMP kelas 3, tapi punya keinginan untuk bermain musik sejak SD kelas 5, berawal saat main ke rumah seorang teman sebaya masa kecil {Ijods namanya) sat itu gw sedang main kerumahnya dan saat gw masuk ke kamarnya dia, dia sedang memengang gitar sambil mendengarkan tape recorder tempo dulu, gw pertama kali liat dia bingung sambil menggumam dalam hati, “ ngapain juga nih orang main gitar sambil bolak balik ngerewind lagu dalam tape recorder…?”, saat itu gw hanya diam memperhatikan kegiatan yang dia lakukan, setelah beberapa saat gw diam, akhirnya gw ngerti juga ternyata dia lagi ngulik lagu, kalau gak salah denger waktu itu dia lagi ngulik lagunya E U R O P E yang judulnya ‘The Final Countdown ‘, kalau gw pikir-pikir sekarang gile bener tuh temen gw masih kelas 5 SD udah ngulik lagu Heavy Metal abizzz…..bro….

Sejak saat itu gw mulai suka ama musik-musik yang beraliran CADAS untuk sebutan musik ROCK jaman dulu hehhehhe…, gw sering nonton band-band daerah gw pondok bamboo konser setiap 17 Agustusan (jah main di 17 agustusan di bilang KONSER kedubrax……hhhehhehe…), maklum saat itu hiburan band yang ditunggu-tunggu ya cuma 17 agustusan , gw liat band senior gw saat itu manggung di hajatan 17 agustusan saat gw SD kelas 6, nama bandnya gw lupa…yang gw inget dia bawain lagunya SKID ROW yang judulnya ‘ I Remember You ‘, saat itu gw sangat terpukau sama Vokalis sekaligus rytem gitarnya namanya kalo gak salah biasa di panggil bang Barry, dia abangnya temen gw…saat itu lagu yang dia bawain sebelumnya gw kaga kenal, tapi setelah itu gw baru tau kalo itu lagunya SKID ROW, dan gw suka banget ama lagu tersebut, sampe akhirnya kemarin pas SKID ROW live konser di ancol gw bela-belain nonton dan akhirnya kesampean juga liat SKID ROW main langsung didepan kepala gw sendiri bawain lagu ‘ I Remember You’ walaupun personilnya udah kaga original seperti dulu, dan gitaris ke 2nya main gitarnya rada sedikit fals saat bermain di Accoustic Gitarnya di awal-awal intronya hhehehhehe…but secara keseluruhan sih Not Bad lah…..

Menginjak SMP kelas 2, gw mulai suka-suka lagu-lagu Pop, tapi mungkin ini pengaruh dari teman sebangku gw juga kali ya… yang tiap hari nyanyiin lagunya Tito Soemarsono yang judulnya ‘ Selalu ‘, akhirnya secara tidak langsung gw terinfluence juga hhehehhehe…. Pada saat itu gw liat temen-temen gw sering bawa gitar ke sekolahan, dan tiap istirahat selalu nyanyi2 bareng, dan selalu ada yang pamer kaset baru dikelas, berhubung saat itu uang jajan gw kaga cukup dan kaga mampu beli kaset, gw cuma jadi penggamat aja saat temen-temen gw pada pamer kaset baru, gw inget betul waktu itu salah satu temen gw ngeluarin kaset sembunyi-sembunyi dari tasnya, sambil lirik kanan lirik kiri, trus ada yang nyeletuk “ sebenarnya lo bawa kaset apa sih....kok takut-takut gitu …?,’ trus dia jawab ssssttt….! Ini kasetnya GNR LIES mini albumnya GNR….!’, trus temen gw nimpalin lagi, ”kenapa lo mesti takut….? Yeee…lo liat dong nih Covernya…! {sambil ngeluarin sampul albumnya), semua yang ada di situ terbelalak lebar pas sampul albumnya dibuka, gile bener ada gambar cewe bugil tapi disensor dan gambar-gambar yang lainnya juga lumayan seronok…..secara waktu itu gw SMP liat yang begitu aja udah pada ngos…ngos…an hehhehehhe…., kalo sekarang mah udah kebal bro…..…

Akhirnya mulai saat itu hasrat gw bermain musik makin mengebu-gebu dang w mulaii belajar main gitar…., dan mengijak SMP kelas 3 mau masuk SMA gw beli gitar di pasar rumput seharga Rp.30.000,- perak…gile murah banget kalo ya di kurs sekarang hehhehehe…., gw beli Merknya kaga jelas karena abal-abal, pengennya sih beli merk YAMAHA, berhubung duit itu juga boleh ngumpulin saat abis dapet tangokan lebaran hehehheheh…jadinya cuma cukup buat beli yang merk abal-abal…..

Dan mulailah saat itu gw belajar gitar ama temen gw yang waktu itu gw liat pertama kali lagi ngulik lagunya E U R O P E, si Ijods…., lagu pertama yang gw pelajari adalah permainan bassnya lagunya GNR yang judulnya ‘Sweet Child O’Mind ‘, secara waktu itu lagu itu lagi booming bangets….!!!, dan si Ijods juga lagi ngulik tuh lagu buat ngeband, saat itu gw cuma baru2 belajar main gitar, tapi si Ijods udah mulai ngeband ama temen-temen gw yang lain dan gw hanya sebagai tim pengembira aja……

Masuk SMA gw udah mulai-mulai ngeband waktu itu Band pertama gw adalah RIWED Band, filosofi nama RIWED itu sih sebenarnya dari kata RIBET yang di plesetin ama temen-temen gw, dan juga gw yang singkatannya adalah RahasIa Wanita Enak Dinikmati hehehehheheh….garing banget ya…., saat itu RIWED beranggotakan 5 personil, Gw main Bass, QQ (sekarang gitaris Mr.X) Lead Guitar, Alm. Iyan Kabul Rytem Guitar, Alm. Budi Kubil Drum, dan Daniel pada Vokal, lagu-lagu yang kita bawaiin adalah lagu Sweet ROCK sebangsa dan setanah air…walah apa sih nih jadi ngawur nulisnya, : Fire House, Slaugthers, Stillheart, Skid Row, SAS band local (Arthur Kaunang bokapnya Thesa Kaunang Band), dan konser pertama kali pas biasa acara tahunan 17 agustusan, bawain 2 lagu yaitu lagunya Fire House yang judulnya ‘Love Of A Life Time’ dan S.A.S yang judulnya ‘ Suminah ‘, setelah bertahan beberapa bulan dengan formasi ini, akhirnya ada perubahan posisi pada Drum dimana Alm. Budi Kubil digeser posisinya oleh Alm. Iyan Kabul yang notabene sebenarnya adalah adik kandung dari Budi sendiri yang awalnya memang lebih berminat bermain Drum dari pada gitar, dan tidak berapa lama sang Vokalis juga mengundurkan diri dan di gantikan teman SMA gw yang bernama Bobby, tapi posisi ini juga tidak lama, Karena Alm. Iyan Kabul merasa visi bermusiknya berbeda dengan kita-kita ini dan akhirnya dia mengundurkan diri juga, karena dia lebih cenderung menyukai musik-musik beraliran PUNK ROCK dan sejenisnya seperti Sex Pistols, Ramones, Ugly Kid Joe dan etc…padahal kita sudah mencoba mengikuti keinginan dia untuk membawakan lagu-lagu tersebut dan sempat konser sekali di acara halal bihalal, bawain 3 lagu seperti biasa lagu handalan kita atau boleh dibilang lagu kebangsaan yaitu dari Fire House : ‘ Love Of A Life Time’, UKJ : ‘ Everyting About You’, dan Sex Pistols : ‘ Anarki in the UK’, gile yeeee halal bihalal sih bawain lagunya Sex Pistols….kacau betttttttt….!, ga berapa lama dari acara konser tersebut RIWED vakum karena ditinggal Drumer kita yang lebih memilih ngeband dengan teman-teman sekolahnya dia…dan akhirnya RIWED sampai saat ini hanya menjadi band Pertama gw yang selalu gw kenang, karena dulu lagi jamannya sekolah temen-temen gw sempet mengganti nama gw menjadi Denny Riwed….., sampe pernah sahabat gw kirim kartu lebaran memakai nama tersebut…., gw pribadi sih bangga memakai nama tersebut, karena memang saat itu lagi ngetrent nama band-band TOP pastinya selalu dipakai untuk nama belakang personilnya, sebut aja seperti Kaka Slank, Pay Slank, Trison Roxx hehheheh….walaupun band gw bukan band Top …..TAPI….bokap gw marah betul pas dia liat nama gw diganti-ganti di kartu lebaran tersebut…..ya tau sendiri kan yang namannya orang tua pastinya gak suka kalau nama yang udah mereka berikan dengan suatu pengorbanan diganti-ganti seenaknya….. bersambung……

1 komentar:

Ney mengatakan...

hem...aku suka liat radit yg cute dg kirana yg manis....